Saturday, June 28, 2008

Healthy PRIDE [Kebanggaaan Yang Sehat]


Ada 2 jenis kebanggaan: yang sehat dan tidak sehat. kebanggaan yang penuh dosa (kesombongan) adalah kalau seseorang merasa lebih tinggi dibandigkan Tuhan atau berusaha menggantikan kedudukan Tuhan. Sedangkan kebangaan yang sehat mendorong seseorang untuk melakukan yang terbaik. Jenis kebanggaan ini memiliki segi pendamping berupa: rendah hati. Memiliki sifat rendah hati berarti mengetahui bahwa kita bisa melakukan apa yang lebih baik.
Unsur-unsur dari kebanggan (PRIDE) yang sehat adalah:
  • Kesenangan (P-Pride): Memiliki rasa bangga yang sehat berarti merasa senang kalau suatu pekerjaan diselesaikan dengan baik atau merasa senang akan hidup dan menjadi diri Anda yang sebenarnya.
  • Penghargaan (R-Respect): Memiliki rasa bangga yang sehat berarti menghargai diri Anda sendiri sebagai individu yang ramah dan baik hati.
  • Peningkatan (I-Improvement): Memiliki rasa bangga yang sehat berarti tetap mengingat bahwa tidak ada manusia yang sempurna dan bahwa kita semua harus bekerja untuk meningkatkan diri sendiri.
  • Kehormatan (D-Dignity): Memiliki rasa bangga yang sehat berarti secara mendalam merasa bahwa diri kita berharga, kita tidak membutuhkan pujian banyak orang untuk memiliki harga diri.
  • Usaha (E-Effort): memiliki rasa bangga yang sehat berarti kebanggaan dimiliki karena berusaha. Apa yang berharga tidak mudah dimiliki. Pada intiya, tidak ada rasa bangga kalau Anda memiliki sesuatu padahal Anda tidak berusaha. Memiliki rasa bangga yang sehat berarti kita merasa senang kalau berprestasi dalam pekerjaan kita.
Memiliki rasa bangga yang sehat akan diri sendiri merupakan kunci untuk meraih prestasi besar, mungkin lebih berarti kalau dibandingkan dengan kualitas yang lain.

Dikutip dari: Buku 9 Kekuatan Rahasia untuk Meraih Kehidupan Sukses - Denis Waitley

Semoga bermanfaat.

Love

blueSaphier


read in english

back to blueSaphier’s blog

No comments:

Post a Comment

Kampung Girl by Uncle JC :p

Sumpah, kocak banget...! I can't stop laughing, so funny & creative parody music... Hwakakakak... Uncle JC is bule gilllaaaa.....