Friday, June 27, 2008

How to speak in english guy? [the humble musician, Rene Van Helsdingen]

Namanya Rene van Helsdingen, pianis asal negri kincir angin Belanda, suami dari salah seorang maestro biola Indonesia Luluk Purwanto. Minggu kemarin saya melihat penampilannya memainkan jari-jarinya yang lincah di atas tuts-tuts piano.... saya terpukau... kenapa? karena tidak satu alat musikpun saya kuasai dengan baik, hehehe.

Dan hari ini.... saya satu mobil dengan mas Rene (yang ternyata sangat rendah hati dan suka bercanda) untuk mengunjungi Sekolah Musik YPM di Bintaro, di sana kami bertemu dengan Oliver & Aisha Pletscher. Saya benar-benar merasa beruntung bertemu mereka semua, dan saya bertanya-tanya dalam hati.... "Apakah saya pernah berimajinasi untuk bertemu pemusik-pemusik handal dalam hidup saya?" Dan saya rasa jawabannya adalah tidak pernah....! Lalu saya bertanya lagi... "Mengapa saya seberuntung ini?" Kemudian saya baru teringat, saat saya SMA, dimana selalu kesulitan dan mendapatkan nilai buruk untuk pelajaran Bahasa Inggris, saya berdiskusi dengan Tuhan (baca: berdo'a dalam sholat) saya bilang, "Ya Allah, Engkau kan Maha Baik, janji-Mu bahwa Engkau akan mengabulkan setiap yang datang meminta kepada-Mu (dalam do'a), maka sekarang aku datang, entah bagaimana caranya, pokoknya aku ingin bisa berbahasa Inggris tanpa harus berhadapan dengan buku." :p

Dan setelah saya ingat-ingat kembali.... sejak beberapa tahun yang lalu, secara bertahap saya masuk kedalam komunitas orang-orang asing, beberapa tidak dapat berbahasa Indonesia, beberapa justru bicara bahasa Indonesia dengan luwes, tapi saya harus berkomunikasi dengan mereka yang tidak bisa berbahasa Indonesia itu, maka terpaksa-lah saya membawa-bawa kamus kecil untuk bisa berkomunikasi meski tersendat-sendat.

Kemudian saya memiliki banyak teman dari berbagai bangsa di internet, kami sering chatting dengan bahasa Inggris. Mereka tidak perlu tahu betapa repotnya mem-bolak-balik kamus untuk bisa bicara dengan mereka. Tapi akhirnya tanpa disadari semakin hari saya semakin tidak memerlukan kamus untuk sekedar mencari kosa kata. Meski gramer masih amburadul di sana-sini, namun setidaknya komunikasi lebih lancar.
Dan sekarang... saya dihadapkan dengan native di sekeliling saya. Guru-guru yang datang secara alamiah.
Buat saya ini luar biasa... sesuatu di pojok hati saya bilang, "Lihat... Allah punya banyak jalan untuk mengabulkan permohonanmu meski kamu terlalu manja untuk sekedar berusaha..." hehe...

Saya jadi ingat dengan buku "The Secret" yang saya baca. "Biarkan semesta merespon imajinasimu, pikirkan saja apa yang diinginkan untuk terjadi dalam hidup kita, tidak perlu memikirkan cara atau jalannya. Semesta dengan kecerdasannya akan membuat hal itu terjadi." Kira-kira seperti itu inti bunyinya.

Dan saya semakin merasa Tuhan begitu Pemurahnya, tidak tanggung-tanggung, tidak hanya sekedar memberi native to practice in english, tapi bertemu dengan native yang berkelas pula.... DIA memberi kita lebih dari yang kita minta... dan hal itu sungguh bukan hal yang sulit untuk-NYA.
so.... "Don't give up! and keep ber-do'a!"

Love
blueSaphier

read in english

back to blueSaphier’s blog


No comments:

Post a Comment

Kampung Girl by Uncle JC :p

Sumpah, kocak banget...! I can't stop laughing, so funny & creative parody music... Hwakakakak... Uncle JC is bule gilllaaaa.....