Sunday, June 29, 2008

Imagination

Einstein:
"Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan."
Disraeli:
"Imajinasi menguasai dunia."

KIra-kira 70% proses belajar kita terjadi dalam 6 tahun pertama hidup kita. Pada masa itulah kemampuan kita menyerap hal-hal baru berada pada puncaknya. Itu adalah juga saat daya imajinasi kita tumbuh dengan suburnya.
Hal yang disebutkan terakhir mendahului yang sebelumnya. Kita membutuhkan imajinasi agar kita bisa belajar dengan cepat dan mudah. Karena itu, kita perlu tetap menjaga imajinasi kreatif, dan sebenarnya menstimulasi dan mengembangkannya, di masa dewasa kita.

Terkadang ada orang tua yang berkata, "Saya khawatir tentang si kecil Josh, imajinasinya begitu luar biasa!" orang tua lainnya tampak percaya bahwa nilai imajinasi anak-anak adalah untuk menghibur orang dewasa.
Kebenaran yang sederhana adalah imajinasi merupakan kunci bagi semua proses belajar dan pemecahan masalah. Itulah sebabnya para "Edison" dan "Einstein" di dunia ini mempunyai imajinasi yang sangat istimewa. Misalnya, Einstein sampai pada kesimpulannya tentang ruang dan waktu setelah secara imajinatif melontarkan dirinya ke antara planet-planet di mana ia berkeliling dengan menunggangi sinar rembulan. Kemampuannya untuk menjadi seperti anak kecil membantunya menjadi raksasa diantara kaum intelektual.

Imajinasi yang kuat juga penting bagi daya ingat yang kuat. Inilah salah satu alasan mengapa orang yang telah berusia lanjut sering mengeluh ingatannya buruk. Mereka membiarkan imajinasi mereka memburuk sedemikian rupa sehingga pikiran mereka tidak lagi menciptakan gambaran-gambaran yang akan "melekat" dalam benak mereka.

Setiap kali kita merekam ingatan dalam tempat penyimpanan ingatan kita, kita menggunakan imajinasi dan daya visualisasi untuk menciptakan suatu gambar. Keefektifan kita dalam menciptakan gambar itu menetukan mudah tidaknya kita mengingat kembali informasi itu.
Selain itu, imajinasi yang kuat diperlukan dalam membuat tubuh dan fikiran Anda santai. Misalnya, jika Anda bisa secara total membayangkan suatu pemandangan alam, misalnya pantai, Anda akan mempunyai kemampuan untuk santai sesuai dengan kehendak Anda. Betapa berharganya imajinasi Anda! Sebaliknya, seseorang yang tidak mengembangkan imajinasinya akan lebih sulit bersantai.
Latihlah imajinasi Anda seperti Anda melatih tubuh Anda. Semakin Anda kembangkan, semakin mudah imajinasi Anda memecahkan masalah dan mengingat fakta-fakta.
Dikutip dari: buku Being Happy -Andrew Matthews

Love,
blueSaphier

read in english

back to blueSaphier’s blog


No comments:

Post a Comment

Kampung Girl by Uncle JC :p

Sumpah, kocak banget...! I can't stop laughing, so funny & creative parody music... Hwakakakak... Uncle JC is bule gilllaaaa.....