Wednesday, November 23, 2011

[3] Kota Paris, Negara Perancis 26 Sept 2011 sd. 1 Oct 2011

Solo Traveling

Europe, Africa & Middle East Trip 26 Sept 2011 sd 15 Jan 2012

Part of :

[3] Kota Paris, Negara Perancis 26 Sept 2011 sd. 1 Oct 2011

Barcelona, 23 Nov 2011

“Kalo di Paris Perancis, siap mental ye, sebab jarang yang bakalan mau jawab kalo kita tanya-tanya pake bahasa Inggris.”

Jawab saya dalam hati, “Okeh, Anda orang ke 508768 yang bilang seperti itu ke saya dalam 1 minggu ini! Dan saya adalah orang yang paling rempong soal belajar bahasa... bisa bahasa Inggris ngaco tapi komunikatip (pake P) ajah udah ‘sesuatu banget’...! So... siap-siap aje terima nasip (pake P), kalo dicuekin...” *mengelus dada, mempersiapkan mental & katabahan menghadapi perjalanan ke Eropa... pertama kali... sendirian... dipenghujung autum, menjelang winter.... “What a perfect plan gal?” *sigh.... Okelah... bagaimanapun, udah dapet visa schengen yg setengah mati dapetinnya, adalah berkah, alias... “alhamdulillah ya... sesuatu banget” yang kudu disyukuri... so what ever will be will be... packing... berangkat.... PARIS... Im Comming.....!!!!”

Emirates sangat sangat sangat nyaman.... ya iyalaaahhhh.... secara memang bukan budget flight.. dan harga juga lumayan ganteng, ga terlalu mehong kalo dibandingkan dg penerbangan reguler lainnya. Mau nonton tipi...? Ada! Mau liat pelem (movie)...? Ada! Mau dengerin musik..? Ada! Mau main game...? Bisa! Mau sekedar ngecek lokasi kita ada belahan dunia mana, di atas negara apa, atau ada di atas samudra mana...? Bisa...! Mau nelpon..? Bisa juga..! Bahkan mau tidur rebahan di kelas ekonomi juga bisa...! Kok...? ya iyalaahhhh... secara 3 jejer kursi kosong tanpa penghuni, jadi gw bisa rebahan pake 3 bantal & 3 selimut sambil nyalain tipi, pelem dan memantau posisi pesawat..... 3 monitor di belakang kursi penumpang dinyalain semua.. haha... Asik kan..?! ^___^

Saat transit di Dubai (yang airportnya sangat sangat sangat besar dan panjang... cape euy jalannya... sumpah... >__<) seperti biasa setelah cek waktu conecting flight selanjutnya, dan mempertimbangkan ada waktu cukup untuk menyegarkan badan, maka saya langsung ke bathroom dan mandi.... Iya.. di Airport Dubai ada shower... so kita bisa mandi air hangat dengan nyaman sentausa.... Asik kan...?!

Selesai mandi, ritual selanjutnya kembali ke waiting room... nunggu conecting flight ke Paris. Lagi iseng-iseng nge-net (free wifi) eh ada embak cantik & baik hati bernama Amelia yang ngajak ngobrol. Dia sedang dapat beasiswa di Paris dan akan tinggal di Paris selama 4 bulan. Awalnya tidak terpikir bahwa dia akan menjadi ‘travel angel’ saya yang pertama dalam perjalanan ke Eropa kali ini.... Ya... saya selalu bertemu dengan ‘travel angel’ dalam perjalanan saya... Mereka yang membantu saya, yang meringankan beban perjalanan saya, yang memberikan inspirasi, yang memberikan senyum serta pertolongan tulus, adalah ‘travel angel’ buat saya.

Kami bertukar cerita, dan saat tiba di Airport Charles de Gaulle Paris... dengan baik hati... beliau membantu saya untuk mencari informasi bagaimana menuju pusat kota Paris, memberitahu bagaimana membeli ticket dan mendapatkan peta kota Paris serta memberikan petunjuk tentang line metro yang lumayan semrawut karena sangat sangat sangat banyak jalur metro di Paris... See... I have no problem about my silly english... karena my travel angel melakukannya untuk saya... dia sudah 3 kali ke Perancis, dan bahasa Perancisnya sangat bagus....

Akhirnya kami berpisah, karena mba Amalia harus menunggu penjemputnya, sementara saya harus mencari rumah host saya, dan menemukan metro station “BUZENVAL” dimana host saya akan menjemput saya di sana. Dan.... saat harus beli ticket... saya langsung lupa segala instruksi dari mba Amalia (ingat, saya adalah spesies paling dodol kalau harus mempelajari sesuatu yang ribet-suribet :p), dengan blo’on saya cuma melihat ke arah mesin ticket... sampai akhirnya ada bule yang baik hati yang menanyakan, “Ade ape ceu..? Mo beli ticket..? Sini gw kasih tau caranye...!” Kira-kira begitu komunikasi kita, karena dia ngomong pake bahasa Perancis, sayanya pake bahasa Inggris acakadul, dia mau bantu tapi memang bener-bener engga bisa bahasa Inggris, haha... Tentu saja saya senang dibantu... asiknya lagi, dia tanya, “Lo ada duit ga buat beli tiket...?” saya bilang, “Ada...!” Sambil mengeluarkan pecahan 50 Euro, pecahan terkecil yang daku punya saat itu.... “Dia langsung senyum-senyum trus ngeluarin koin, trus beliin tiket setelah menerangkan sedikit tentang bagaimana caranya bisa mencapai “BUZENVAL”. Komunikasi ajaib tersebut telah mengantarkan saya tiba di Buzenval dengan damai sentausa sampai bertemu dengan Ludo, host saya di Paris.

Ludo host pertama saya di Eropa adalah hasil rekomendasi dari host saya sewaktu saya mengunjungi Vietnam. Ini adalah hal indah lain yang saya dapatkan dari menjaga hubungan baik dengan para host saya terdahulu, jadi saya tidak terlalu sulit mendapatkan host di kota Paris yang sangat sibuk/favorit. Sumpah, normalnya, susah banget cari host di kota-kota sibuk/favorit seperti antara lain misalnya : Paris Perancis, Prague Czech Republic, Venezia Italia, Roma Italia, Den Haag Holland, Barcelona Spanyol.

Saat saya mengajukan “request” untuk hosting di Paris, Ludo menjawabnya dengan simple : “ Teman dari teman saya adalah teman saya juga, so you are most welcome to stay in my place.” Nah.. sodara-sodara... kalau Anda berfikir untuk berlaku curang, menyakitkan hati travelmate atau host kita, melakukan tindakan kriminal seperti mencuri dan hal-hal yang tidak menyenangkan lainnya, dijamin, dunia Anda akan sempit. Sebab, akan sangat mudah bertemu dengan lingkaran pertemanan di komunitas yang sama. Mungkin sekali atau dua kali kalian bisa menghindar atau menghilang dengan “MENDELETE PROFIL LAMA KALIAN” tapi percayalah... itu tidak ada gunanya... karena pada akhirnya akan ketahuan juga....

So... intermezo... buat kamu (yang mungkin masih berdomisili di Bandung) yang pernah merepotkan saya serta merugikan saya senilai kurang lebih 116,48 USD utk pembelian tiket Tiger Airways dengan kartu kredit teman saya, juga menjerumuskan saya kepada fake agency sehingga membuat saya harus merogoh kocek senilai 2 juta rupiah plus 120 USD, dan sekarang sudah mengganti PROFIL LAMA berinisial “A” kamu dengan PROFIL BARU berinisial “R” yang dengan mudah bisa kamu ganti lagi, yang kamu pikir saya tidak bisa menemukan kamu...? Saya sudah membaca profil baru kamu berkali-kali, berbulan-bulan, hanya untuk memantau seberapa kamu menjaga sikap dan tingkah laku kamu. Tolong jaga sikap... jaga kebaikan dan nama baik komunitas CS dan nama baik Indonesia.

Kenapa...? karena kalau kamu mempermalukan diri kamu, kamu juga akan mempermalukan teman-teman sebangsa setanah air kamu. Kasihan mereka yang sungguh-sungguh ingin berbagi jadi kesulitan mendapatkan host karena sikap kamu yang ajaib tersebut. Kasihan mereka yang sungguh-sungguh jujur jadi ikut tercoreng. “Oh, kamu dari Indonesia, sorry.... saya ga bisa buka pintu rumah saya, karena pengalaman buruk saya dengan orang Indonesia sewaktu saya menjadi host mereka.” So... please don’t be selfish...!

Jangan sampai orang lain mengalami hal serupa dengan saya, di interview oleh ibu kamu karena kepergian kamu ke China selama 3 minggu dengan bf kamu, tapi bilangnya pergi sama saya. Jangan sampai ada yang mengalami di interview bf kamu via FB tentang sikap kamu, dan tentang pinjaman duit kamu sebesar 5 juta rupiah itu. Sungguh... saya sangat-sangat terluka dan membenci kamu yang sudah merugikan banyak hal. Tetapi... saya juga ingat, bahwa telah banyak kebaikan yang saya terima dari orang lain, sehingga saya tidak ingin membuang energy dengan membenci kamu berlarut-larut. Just be careful about your attitude.

Haduuuhhh... mau cerita tentang Paris jadi Emosi gini >___<

Okelah kalau begitu......

Bersambung besok ato kapan-2 ya ceritanya... mau jalan-2 dulu di Barcelona, mumpung ada matahari.... dari kemaren ujan mulu....^__^


Link Terkait :

Solo Traveling

Europe, Africa & Middle East Trip 26 Sept 2011 sd 15 Jan 2012

Part of :

[1] PENDAHULUAN ^___^

[2] Menjelang Keberangkatan ke Eropa Sept 2011

[3] Kota Paris, Negara Perancis 26 Sept 2011 sd. 1 Oct 2011

2 comments:

  1. He he he ... seru2 ... dari cerita ke Paris sampe ketemu batagor Bandung .. wkwkwk ... ada juga ya manusia borokokok kaya gitu .. ampuun !

    ReplyDelete
  2. wuADUHH,,,,aku juga pengen bngt ke paris, tp lo mereka pada ga suka ditnya pke bhs inggris, mesti belajar bhs lg ne?

    ReplyDelete

Kampung Girl by Uncle JC :p

Sumpah, kocak banget...! I can't stop laughing, so funny & creative parody music... Hwakakakak... Uncle JC is bule gilllaaaa.....