Thursday, November 24, 2011

Preparation of Backpacking / Flashpacking

Tanya Soal Backpacking / Flashpacking

Part of :

[1] inbox via FB dari Suri Jayeng Pradani :

Assalamu alaikum mba risa...salam kenal lagi yah...wah, bener2 ajaib perjalananmu...^^

abis kecelakaan kemarin aq mengundurkan diri dari kesibukan kantor, dan sekarang belum aktif lagi alias nganggur ...insya Allah rencana desember ini mau umroh...

mumpung masih status nganggur dan nda terikat jadwal, pengen buanget berpetualang seperti dirimu..*mupeng berat liat perjalananmu mba'e

btw ada beberapa hal yang ingin aq tanyakan:


1. kondisi dompet yang terbatas, membuatku harus bener2 kreatif mengatur pengeluaran, ada saran ataupun rekomendasi biaya apa yang bisa ditekan saat backpacker? saya belum ada kawan dekat di LN yang bisa ditempati...bolehkah kalau itu rekomendasi dari sesama teman backpacker?


2. Untuk pengurusan visa...seperti pengalaman mba risa yang keliling ke beberapa negara sekaligus...apa ngurusnya saat di indonesia atau bisa langsung di negara bersangkutan (kalau misalnya ada rencana mendadak ke sebuah negara yang belum direncanakan sebelumnya)


3. karena belum pengalaman, walaupun ingin sekali, aq belum berani solo backpacker seperti mba, apalagi sebagai wanita (aq jg make jilbab)...apa nda takut kalo di jalan ada apa2 gitu? *udah mikir yg aneh2...hehe
maksudku...pengen ikut backpacker sama rekan2 backpacker yang udah pengalaman...ada ga event perjalanan bareng2 gt? tour to the europe? *mupeng berat


4. Backpacker, keliling dunia, selain misi jalan2, apa mba punya misi ato resolusi lain? pengen bantu rakyat somalia...contohnya
asyik kaya'nya mba...^^

sementara itu dulu yg pengen aq tanyain...mba kurang beruntung karena ketemu orang cerewet kaya' aq...haha

Sugeng rawuh...terima kasih...
wassalamu alaikum warohmatuLLahi wabarokatuh

hey Suri, Im really sorry about your accident, but I wish anything going well in you. Btw umroh di bulan Desember kayaknya lumayan menantang di temperatur yah.... coba cek berapa temperatur disana pada bulan tersebut supaya kamu bisa siap-siap.... tapi kalau di Madinah sih aku rasa jauh lebih nyaman kalau di bandingkan dengan Makkah.... kenapa..? karena struktur kota yg lebih tertata membuat Madinah lebih mudah untuk di jelajahi....

Jawaban No: 1.

Aq recomend banget untuk joint CS www.couchsurfing.org karena setidaknya kamu bisa menghemat biaya akomodasi dalam perjalanan kamu di belahan dunia manapun selama ada member CS yg bisa dan mau memberikan kamu tumpangan gratis.

Sayangnya... 97% member CS tidak menerima guest/surfer yg tidak register di CS dan tidak punya references sama sekali di profil mereka... seandainya saya rekomendasi kamu ke mereka, walau misalnya seberapa baguspun profil saya (kamu bisa lihat profil saya di :www.couchsurfing.org/risa.bluesaphier) mereka akan menuntut setidaknya penjelasan tentang siapa kamu kemudian mempertimbangkan utk menerima kamu (tp ini sangat sangat susah dan jarang sekali), tapi mayoritas akan langsung menolak siapapun yg tdk register di CS.

Biaya yg bisa di tekan saat backpacking bila kita join dg CS sudah pasti : free akomodasi, kalau kamu sanggup menekan biaya transportasi, kamu bisa lakukan hitc hiking alias numpang kendaraan org (mobil/truck/dll, bahkan ada temen dari German hitch hike boat/perahu antar negara, gila ya...). Kemudian kamu harus rajin cari info penerbangan international/lokal suatu negara yg bertipe "budget transportation" misalnya budget flight di erope : ryan air, easy jet, dll, budget bus : student agency.

Kemudian urusan makan, biasanya saya mensiasati dg belanja ke supermarket kemudian masak di rumah host kita (kalau di ijinkan loh ya) selain lebih murah dan sehat, kita bisa share makanan ke host kita, dan memprkenalkan masakan indonesia, pada akhirnya bisa membangun chemistry persahabatan & pertukaran budaya satu sama lain.

Jawaban No: 2.

Untuk pengurusan visa, “kamu cek negara mana saja yang memerlukan visa bagi kita pemegang paspor hijau. Kalau bicara soal perjalanan saya ”Solo Traveling -- Europe, Africa & Middle East Trip 26 Sept 2011 sd 15 Jan 2012” maka visa yang saya urus hanyalah visa “SCHENGEN” karena member schengen ada sekitar 27 negara, kalau tidak salah. Coba cek : Negara Bebas Visa Untuk Pemegang Paspor Indonesia, mungkin daftarnya sudah sedikit berubah karena kebijakan-kebijakan baru, kamu bisa cross check by “’mbah Google’ atau ke Kedutaan bersangkutan. Dengan bermodalkan visa schengen, saya bisa masuk negara-2 tersebut tanpa harus mengurus visa lagi.

Rencana mendadak seperti dalam kasus aq ingin mengunjungi Iran setelah perjalanan ke Eropa, maka aq harus menghubungi kedutaan Indonesia di negara tersebut untuk minta penjelasan apakah aq bisa masuk dengan VOA (Visa on Arrival) misalnya. Kemudian cross check dengan menghubungi kedutaan bersangkutan di negara yang aq sedang singgahi, misalnya dalam kasus aq di Marocco. Sampai informasi yang di dapat benar-benar akurat dan situasi suatu negara cukup aman untuk dikunjungi, maka terserah kamu untuk memutuskan, apakah kamu akan mengunjungi negara tersebut atau membatalkan niat kamu itu.

Jawaban No: 3.

Kalau belum berani solo traveling, memang sebaiknya cari travelmate, hanya pastikan kamu pergi dengan travelmate yang bisa membuat kamu survive dan hepi dalam perjalanan. Kamu bisa cek ulasan tentang karakter travelmate yang di sukai oleh Trinity yang aq setuju sekali dengan dia, aq co-pas dari dia : Pilih Sendiri Travelmate-mu. Kalau masalah ada apa-apa di jalan, ya tentu sudah pasti ada apa-apa dong.... kan kita masuk negara orang, dengan budaya dan bahasa yang berbeda, segalanya asing.... jadi tentu kita harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat-tempat yang akan dikunjungi untuk meminimalisasi ”kalau ada apa-apa” tersebut. Kamu bisa baca beberapa tips dari Artesia Irawan Sangadji soal ini : Jadikan waspada saat traveling menjadi kebiasaan. Oh ya... just warning soal travelmate, jangan sampai kamu punya pengalaman buruk soal travelmate seperti yang saya alami dalam perjalanan saya.

Untuk travel agent yang melayani rombongan sudah pasti bertebaran, kamu bisa cek di mana-mana, tinggal kamu cek aja dompet kamu, cocok kah dengan harga yang mereka tawarkan...?

Atau kamu bisa joint dengan paket-paket tour backpacker/flashpacking, salah satunya ada paket yang dibuat oleh teman saya yang sudah melanglang buana ala backpacker, kamu bisa cek di : Paket Traveling_FLASHPACKING ke EROPA 2 minggu. Kalau cocok, joint aja dengan mereka.

Jawaban No: 4.

Misi pertama saya dalam perjalan ”Solo Traveling -- Europe, Africa & Middle East Trip 26 Sept 2011 sd 15 Jan 2012” adalah mempertanggung jawabkan perjalanan saya kepada para sponsor hehe... jadi setelah jalan-jalan, saya harus buat banyak laporan perjalanan.

Misi lainnya:

a. Saya mau bikin buku-buku bertema Cyber & Traveling dalam bentuk Novel, yang sudah terbit adalah “Cyber Love Adventure” tentang pengalaman traveling di China.

b. S

Saya ingin memiliki banyak teman di seluruh dunia

c. Saya ingin memiliki basecamp di mana saya bisa memberikan hospitality di negara saya Indonesia kepada teman-teman backpacker atau pecinta traveling secara grouping, sehingga pertukaran budaya & persahabatan lebih mudah terjalin.

d. Saya ingin memiliki kehidupan yang dipenuhi dengan beraneka ragam budaya & kawan disekitar saya.

e. Saya ingin memiliki visi yang luas dengan cara tersebut. Sebab, semakin banyak kita berinteraksi dengan banyak orang yang berbeda akan menambah wawasan kebijakan kita.

f. Misi sosial...? Saya sudah melakukannya bertahun-tahun lalu dengan menjadi volunter pada banyak organisasi sosila. Sebagian besar mengecewakan saya, karena kebanyakan pada akhirnya saya ketahui dana-dana sosial tersebut hanya memakmurkan segelintir orang di dalamnya. Sementara kami yang bekerja di lapangan, bagaikan Pahlawan Tanpa Tanda Tanya.... hehe... Tapi saya memiliki urusan-urusan sosial saya sendiri... karena saya tahu, kita harus berbagi.... untuk bisa mendapatkan banyak berkah. Kalau gelas kita penuh, bagaimana bisa aliran air baru mengisi gelas kita..? So.. saya selalu berusaha membuat isi gelas saya setengah kosong.... Tetapi.. urusan sosial adalah urusan vertikal.. biarlah itu menjadi secret relationship kita dengan UNIVERS.

Demikian sekilas infooooooooooooo... yang sama sekali engga sekilas... hehe... ^___^

Barcelona Spain, 24 Nov 2011

back to blueSaphier

No comments:

Post a Comment

Kampung Girl by Uncle JC :p

Sumpah, kocak banget...! I can't stop laughing, so funny & creative parody music... Hwakakakak... Uncle JC is bule gilllaaaa.....