Tuesday, November 22, 2011

[1] Europe, Africa & Middle East Trip 26 Sept 2011 sd 15 Jan 2012

Solo Traveling

Europe, Africa & Middle East Trip 26 Sept 2011 sd 15 Jan 2012

Part of :

[1] PENDAHULUAN ^___^



Barcelona Spain, 23 Nov 2011

Setelah 2 bulan traveling di Eropa, Barcelona Spanyol adalah destinasi terakhir di Eropa yang akan saya singgahi. Sebelumnya saya sudah parkir di beberapa negara, inilah rencana agenda / general itinerary perjalanan saya :

1

1. 26/9 sd. 01/10 à Paris - France (done)

2. 01/10 sd. 05/10 àLuzern - switzerland (done)

3. 05/10 sd. 09/10 à Leipzig, Nurnberg, Beilingris - Germany (done)

4. 09/10 sd. 17/10 à Den Haag, Volendam, Delft - Netherland / Holland (done)

5. 17/10 sd. 23/10 à Prague - Czech Republic (done)

6. 23/10 sd. 26/10 à Vienna, Leoben – Austria (done)

7. 26/10 sd. 29/10 à Venezia – Italia (done)

8. 30/10 sd. 02/11 à Prague – Czech Republic à Come back to Prague coz of my CS friend has a birthday in Prague.. love to meet them (CS friends) again & again ^___^

9. 03/11 sd. 09/11 à Rome & Vatican – Italia

10. 09/11 sd. 17/11 à Seixal, Lisbon, Ourem, Fatima, Tomar - Portugal (done)

11. 17/11 sd. 26/11 à Barcelona – Spain (on going)

12. 26/11 sd. 10/12 à Marakech, Cassablanca – Marocco

13. 10/12 sd. 24/12 à (maybe) Shiraz – Iran

14. 24/12 sd. 15/01 à Istanbul, Izmir, Antalya – Turkey

Perjalanan ini adalah perjalanan tes mental dan silaturahmi dengan teman-teman dari komunitas couchsurfing atau biasa disingkat dg CS saja. Setelah mengalami banyak hal yang menyenangkan dengan komunitas ini dibeberapa negara yg pernah saya singgahi antara lain : Singapore, Malaysia, Thailand, Cambodia, Vietnam, Hongkong, Macau, China, India dan Saudi Arabia... (yang terakhir ini tidak termasuk kunjungan silaturahmi dengan komunitas CS, ini adalah perjalanan spiritual untuk umroh hehe...) saya menjadi addicted untuk traveling. Maka dengan yakin dan percaya diri saya memutuskan untuk solo traveling ke Eropa, meskipun belum pernah menginjak Eropa sama sekali.


Mengapa solo traveling...?

Ini adalah perjalanan silaturahmi, artinya saya akan menumpang menginap di rumah member CS selama perjalanan saya dan selama itu memungkinkan, artinya saya akan dapat free accomodation selama perjalanan saya. Maka kalau saya datang bersama rombongan tanjidor, akan sulit untuk mendapatkan host... artinya lagi.. saya harus keluar budget extra untuk akomodasi di eropa yg harganya lumayan aduhai...

So... better solo traveling... ^___^

Saya punya pengalaman buruk saat traveling dalam group yang membuat saya trauma untuk jalan bersama group, al:


a. Ex travelmate saya lumayan ribet, dg bahasa Inggris yang tidak lebih bagus dari saya berharap bisa traveling murah tapi engga mau bantuin mikir, kerjanya tiap hari complain ini-itu... saat dia memutuskan untuk jalan sendiri (merasa sudah percaya diri) akhirnya dia kirim sms minta tolong di bookingin tiket karena ketinggalan pesawat dan ga tau gimana caranya booking pesawat, so... it’s not easy to manage traveling... jadi... ga ada jagoan di dunia traveling, kalau mau jadi travelmate... jadilah travelmate yang menyenangkan... kalau ga bisa bantu mikir, at least jangan nambah beban fikiran dengan sejuta complain. Kalau mau nyaman.. silahkan ikutan tour agent, dijamin nyaman tinggal di hotel & ga pake mikir... asal lo punya duit buat bayar...! That’s all...!


b. Urusan budget bisa bikin engga nyaman juga dalam perjalanan dalam group, terutama bagi mereka yang cuma mau tau enaknya aja. Misalnya, kalau pas urusan keluar duit, kalkulator backpacker-nya “ON” dengan sukses. Giliran dapet fasilitas gratisan, ketemu host yang baik, segera lupa (saya menyebutnya : amnesia protesia akut), bahwa untuk bisa dapet host perlu hubungan baik, perlu biaya komunikasi, perlu menjaga relationship, dengan tidak memanfaatkan kebaikan host kita semaunya, misalnya: pura-pura bego saat harus bayar makan, jadi host kita yang harus bayar. Tidak menjaga kerapihan tempat tinggal host kita, minta ini-itu yang merepotkan host, tidak menepati janji (kecuali kalau memang kondisinya sulit), merengek minta disponsorin tiket sama host bule supaya bisa berkunjung ke negaranya (yang ini sumpah bikin malu gw setengah mati). Akhirnya untuk menutupi rasa malu dan menjaga hubungan baik, saya harus keluar budget lebih buat si “travelmate ajaib” tersebut. Kadang juga ga tau malu pake acara pinjem duit.... Halllooooo..... azaz manfaat sih bole-bole aje.... tapi.... harga diri & jaim juga perlu kalee..! >_<


c. Menghindari berurusan dengan para BH (baca: Bule Hunter), kebanyakan yang merengek untuk traveling bareng, agenda tersembunyi mereka adalah “hunting bule”. Apakah ada yang salah dengan hunting bule..? No...! Sama sekali tidak salah...! Tapi caranya cuuuy... jangan bikin malu... Saat traveling, sudahlah... tinggalkan segala roll, hairdryer, high heals, mascara setebal salju di gunung alpen yg menutupi mata natural indahmu, perona pipi serta eye shadow yg membuatmu seperti habis di tonjok preman tanah abang, wig yg membuat rambutmu seperti antena bisa panjang & pendek dalam waktu singkat.... hallloooo... dikau mau traveling ala backpacker/flashpacker ato mau kondangan...?

Kalau tiba-tiba di tengah jalan ada persoalan dengan host yang rada “ajaib” ga akan ribet meminta maaf kepada travelmate dan menyaksikan muka jutek-nya yang mungkin akan di tekuk-tekuk dan bimoli (bibir monyong lima senti) nya yang bisa buat nyantolin backpack gw ^__^

Kalau tiba-tiba ditengah jalan pengen merubah agenda, ga akan ribet debat soal perubahan tersebut. Apalagi kalo travelmate-nya ga berani jalan sendiri, maunya ngintilin tapi juga ga mau ikut agenda kita... males banget kan....? kok jadi gw yg rempong ngikutin maunye die.. pertanyaannya adalah “Emang die bayar gw sebagai guide gitu...?”

Kalau solo traveling, kemungkinan untuk dapet host sangat mudah, karena kita engga perlu explain tentang travelmate kita, apalagi kalau travelmate kita belum punya profil di CS yang bisa dilihat oleh calon host potensial kita. Kebanyakan host (terutama di Eropa) tidak menerima kunjungan dari mereka yg tidak register di CS dan tidak punya reference dari member CS lainnya.

Bagi host kita, sekali-sekali mentraktir tamunya adalah biasa, terutama untuk satu orang adalah hal yang lumrah bahkan nyaman untuk membina relationship, misalnya : traktir jemputan (kalo dia cuma punya motor...? kan cuma bisa untuk 1 org doang, traktir makan, traktir nonton, dll. Nah.. kalo jalan bareng group..? dijamin pengeluaran extra akan lebih banyak... siapa juga yg mau nraktir rombongan tanjidor..? bangkrut iye....!!! >___< So... kalo gw jalan bareng group bisa dipastikan extra cost utk transportasi & makan tambah panjang daftarnya.. alias susah ngirit....!!!

Itu adalah salah banyak diantara banyak alasan lain mengapa saya lebih suka solo tarveling dibanding traveling bersama group.


[2] Menjelang Keberangkatan ke Eropa Sept 2011


back to blueSaphier

Link Terkait:

Solo Traveling

Europe, Africa & Middle East Trip 26 Sept 2011 sd 15 Jan 2012

Part of :

[1] PENDAHULUAN ^___^

[2] Menjelang Keberangkatan ke Eropa Sept 2011

[3] Kota Paris, Negara Perancis 26 Sept 2011 sd. 1 Oct 2011

2 comments:

  1. Risa, asyik juga baca blognya... nemu dimana tuh travelmate kaya gitu.. Masalahnya nggak semua berani solo backpacking, gue waktu awal juga takut, cuma abis ngerasain rempong jalan bareng jadi diberani2in.. mo liat sunrise batal, gara2 travelmate gue dibangunin syusyah trus abis itu takut panas, takut gosong.. mpe sebel deh, lha bule aja pengen punya kulit kaya kita kok dia sibuk amit-amit nutup2in mukanya..

    ReplyDelete
  2. keren..anik jd semangat u mewujudkan mimpi..thanks so much non

    ReplyDelete

Kampung Girl by Uncle JC :p

Sumpah, kocak banget...! I can't stop laughing, so funny & creative parody music... Hwakakakak... Uncle JC is bule gilllaaaa.....