Tuesday, December 15, 2015

Sharing Trip - Part Of IRAN

Co-Pas tentang sharing Trip Iran saya kepada member BD (Backpacker Dunia)
==================

Dear BD'ers.....

Izinkan saya untuk sharing ttg pengalaman trip saya waktu ke Iran bln Maret 2015 kemarin.... Kenapa Iran...? Karena Iran adalah the last country yg saya kunjungi thn ini (2015).... Sehingga memory saya yg super duper short (menuju amnesia) msh lumayan hangat dibanding 28 negara lainnya yg telah sy kunjungi.... Juga karena sebelum saya menginjakan kaki di negara ini, Iran bagaikan negara fatamorgana yg un-touch-able buat saya....
Ada banyak pertanyaan, keraguan, rasa penasaran, ketakutan, segala rasa yg mengaduk2 menciptakan sensasi letupan adrenalin dlm diri saya setiap mengingat salah satu destinasi dream saya ini.

Tetapi.... Bila sharing saya ini tdk masuk dlm kategori standard yg ditetapkan di BD, dg besar hati sy jg ikhlas untuk di delete. Karena sy sadar diri dg kapasitas bercerita sy yg tdk runtut tersusun rapih, informasi mungkin jg tdk lengkap (krn sy mmg sekedar ingin sharing base on my experience, base on my subjective view, bukan bikin trip plan ala ala travel agent yg super detil). Plus, info foto2 jg maafkan kalo cenderung narsis, sumpah, ini salah satu sebab, mengapa sy hampir tdk pernah share trip experiences di grup yg keren ini.... Saya hampir gak punya foto bagus dg view keren.... Selalu ada saya ngikut eksis di foto... wkwkwk.... Jadi sy ngeri foto2 narsis saya di bully trus gaya narsis saya di copy.... #eehh... #pedeBangetGue

Juga.... sebelumnya.... Izinkan sy berterima kasih kpd founder group BD, mba Elok, yg telah menginspirasi saya.... Beliau dan Nancy Margaretha adalah inspirator pertama sy dlm dunia traveling.... Itu tdk bs saya ingkari sampai kapanpun. Traveling looks easy after met them 2010, sejak itu... saya tdk takut bermimpi untuk traveling... Dan thn 2011 saya done dg resolusi gila saya, 20 countries in a year
Kalaupun kontribusi sy di grup ini tdk banyak, bukan krn sy tdk ingin... Ttp sy minder dg master2 trip yg ada di grup ini. Sumpah..... Ini serius.....

So, kembali ke laptop.....

Sudah lama sy ingin ke Iran..... Meskipun sy org nya penakut, tapi level kepo dan sok tau nya sy jg lumayan tinggi... Segitu ajaibnya negara bernama "Iran" buat saya, bikin saya penasaran, spt rasa penasarannya sy sama prince Fazza dari Dubai yg kinyis2 itu... #eh #gagalFokus

Saya sempet diskusi dg bbrp org yg sy anggap master di bidang trip gaya gembel spt sy.... Mrk tanya, destinasi mana saja yg menjadi tujuanmu ke depan...? Saya jawab A,B,C dst...
Mereka blg, "Bila kita ingin mengunjungi / meng-eksplor suatu negara, selain needs, kita jg perlu cek situasi politik serta kondisi internal negara bersangkutan. Contoh : negara A bersekutu dg negara B maka bila kedua negara tersebut ada dlm daftar target utk dikunjungi, gak masalah, silahkan langsung mlipir ke TKP saat ada kesempatan... Namun bila negara A dan B bermasalah secara politik, fikirkan untung ruginya untuk kemudahanmu dlm mengunjungi negara2 lain yg berkonflik dg negara tersebut, krn berkaitan dg pengurusan dokumen spt visa dlsb. Kamu traveler kan...? Kamu suka traveling...? Maka fikirkan masa depan trip kamu juga selain needs."

Akhirnya... sementara sy skip.... saya bersabar... Setelah cukup pny bnyk tabungan stempel di paspor, termasuk stempel negara2 yg ada dlm level lumayan bonafide dlm dunia traveling, sy beranikan diri untuk merencanakan trip tertunda saya ke Iran.

Kesempatan itu dtg, sy dpt undangan dari KBRI di Roma Italia untuk acara B2B meeting di Roma dan Napoli. Karena yg undang KBRI, walau agenda KBRI cuma 4 hari, sekalian sy minta durasi visit 1 (satu) bulan di Eropa (btw, sy mmg kurang hobi nge-gembel scanning alias short time.... sebisa mungkin 1 sd 4 bln sekali jalan... krn gak mau rugi byr tiket pesawat yg mahal itu wkwkwk)

Setelah sebulan ngemper di yurop.... Sy terbang dari Roma ke Tehran via Turkey.... Waktu itu kl tdk salah sy dpt tiket sekitar 100-an USD... Beruntungnya saya sbg gembel internesyenel adalah.... ada banyak org2 baik yg yg selalu menolong saya.... saya menyebut mrk TRAVEL ANGEL.... ketika sy sampaikan bhw sy mau ke Iran, banyak inbox dan WA / viber yg masuk kasih info ini-itu... Sy yg mau jln... mereka yg rempong... termasuk urusan beli tiket dll... sy mah tinggal byr pk paypal.. mrk yg bantu cari tiket dan ini-itu... Alhamdulillah... rezeki anak sholehah ^_^

Tiba di Tehran pagi subuh, leyeh2 sebentar ngelurusin pinggang..... Kira2 jam 6pagi, cari taxi menuju rumah host saya.... Lumayan, sejak posting di emergency couch di Tehran, banyak yg nawarin untuk jd host, saya memilih yg paling duluan respon request saya.

Pengalaman trip dimulai.....

#Part of aTehran

*** Supir taxi di Tehran dan kota2 di Iran lainnya relative sm dg situasi di negara2 lain dlm urusan melayani turis, akan ada aksi coba2 malak... So... Tariff lokal dan interlokal (baca : turis) sangat mungkin berbeda... Host sy beradu argumen dg supir taxi nakal itu.... Jd sy terselamatkan dari urusan membayar berlipat ganda, cuma lebihin dikiiiittt.... Wajarlah... Eykeh kan interlokal... Blom mulai agenda nge-gembel juga.... Masih membaca situasi dolo sodara.... ^_^

Ternyata, di apartemen host sy ada 3 cogan dari yurep, walhasil sy mlipir ke mana2 bareng mrk, dan dianter istri sang host juga.... So sy ga bs crita bnyk soal jurusan, how to get there... bla bla bla... Krn sy makmum... cuma ikut ajah kemana mrk pergi... sedang tdk punya prinsip (baca : males mikir) ^_^

Yg bs sy critain, Tehran itu kota yg maju, jln2 besar, yg mrk (org lokal) blg macet, totally diff dg macet spt di Jakarta. Banyak screenboard disepanjang jln, spt iklan2 di Jakarta... Eiitsss... Tp cb perhatikan baik2... Ternyata itu bukan iklan sodara2... Itu adalah karya seni.... Host sy dg bangga bilang, "the concept of Tehran is.... City Gallery..." Jadi.... kota Tehran ingin dijadikan galery seni terbesar... Dimana setiap sudut2 nya akan dipenuhi karya2 seni. Keren yaa....

Host saya itu baik banget.... Ini adalah hal penting saat ngemper di negri org, sebagus2nya ato sekeren2nya suatu tempat, kl org2 nya nyebelin.... Bisa jadi neraka juga.... So ORANG BAIK DISEKITAR KITA ITU PENTING, terutama saat di negri org.

Karena sehebat2 nya kita di kandang sendiri, we are nothing di tempat orang.....

Tutur kata lembut, suka menolong, menghargai org lain, itu yg saya bisa deskripsikan ttg host saya. Dan over all 90% yg saya temui karakter standard nya spt itu.... Hampir disetiap kota, sy selalu dpt souvenir / gift / hadiah dari mereka yg notabene baru saya kenal. Mengingatkan pada pengalaman saya waktu ke Turkey... Sampai beli koper untuk wadah hadiah2 mereka.... Its amazing...

So... karena saya femes sbg gembel internesyenel... host saya di the next city of Iran yaitu Qazvin (sekitar 2jam perjalanan dari Tehran), jauh2 menjemput saya ke Tehran, dan disambut dinner sementara saya jg tdk boleh meninggalkan dinner di Tehran... Jadiiii.... Mmg nasib anak sholeh... Rezeki selalu berlimpah, terutama saat backpacking... Alhamdulillah...

#Part of Qazvin

Host sy di Qazvin dan istrinya super duper protektif, kemana2 dianter dan dikawal... Saya juga diajak ke toko baju untuk beli baju, kenapa....? Karena mrk lihat posting sy di FB ttg salah kostum waktu di Tehran hehe, org2 pada pake warna gelap.... eykeh gonjreng cetar membahana badai.... Serasa topeng monyet ditengah belantara ibu kota sodara2....

Sekali lagi sy disuguhi karakter sopan mereka, ga ada tuh nyalah2in kostum ajaib saya... Harusnya sbg tamu sy yg harus respek dg budaya mereka... Tp justru mereka yg sibuk meng-cover kesembronoan saya. Host sy blg, "apakah kamu ada budget utk bayar baju ini...? Kalau tdk, biar kami yg bayar...!" tengtooong.... Langsung galau haha... Akhirnya krn mrk sopan dan baik hati, sayapun segan.... Maka saya blg, "don't worry, i have enough budget." ya gpp jg keleus beli baju... Lha transport, makan dan tidur gw kaga bayar juga, alias gretongan, numpang di rumah mereka.... ^_^

Oh iya... Saya saat di Qazvin masih galau soal currency di Iran.... Ada 2 hal yg harus di ingat soal ini.... Officially mereka menggunakan mata uang RIYAL (saat itu 1$=36.000riyal) namun di market, kita akan sering menemui satuan currency yg disebut TOMMANS (1 tommans = 10 riyal), yg spt ini disebut redenominasi currency ya kalo gak salah... Seperti di Turki, yg dulunya 1juta lira jadi 1lira, gak tanggung2... 6 digit dipenggal... Btw... sorry kalo ejaannya atau keterangan soal moneternya salah, monggo googling utk checking.

Nah, sy masih sering terpesona dg harga yg di disply saat window shopping... Misalnya... Harga jacket kulit sebesar 360.000 T (tommans) saya langsung tersihir pengen belanja, untung host sy selalu ingetin, "Risa, mari kita check, itu dlm Tommans atau Riyal.....!" dan ternyata... Riyal... Artinya 3.600.000 riyal atau setara dg 360 $ alias sekitar 4jeti rupiah.... Hadeeehhhh..... Perkara angka NOL sebiji bikin gw sakit jiwa.... >_<

Masih soal perduitan di Iran... Karena sudah sekitar 30thn Iran di embargo, maka banyak akses yg sulit ditembus, termasuk dlm sektor per-bank-an. So, jgn harap mudah untuk mencari money changer, hitung baik2 perkiraan budget sebelum masuk Iran, tukarkan currency sesuai perkiraanmu, jd kalian tdk akan terjebak dg kekisruhan dlm mencari money changer.
Lupakan segala credit card platinum dan atm bersaldo trilyunan dalam account mu... Karena gak bisa di akses... Hehe...

Tapi meskipun Iran adalah negara yg di embargo, kita bisa lihat bgm penduduknya educated, teknologi juga maju... simple aja sih saya liatnya... di lokasi gurun tandus berbatu, ketika menemukan sekotak bidang hijau.... bisa dipastikan itu adalah teknologi pertanian yg sedang digalakan oleh pemerintah.... Di taman2 kota saya sering lihat patung bayi berselimutkan rumput hijau... Konsep yg lucu... Sayang saya tdk sempat ambil gambarnya... Tp banyak ditemui di Tehran dan Qazvin....
Saat musim kemarau, pemerintah menyemprotkan air ke seluruh penjuru spy adem... Baik yaa....

Kalo di Indonesia dimana2 hijau, gak heran... Lha wong Koes Plus aja blg kayu dan batu jadi tanaman.... Gak pake teknologi, pada numbuh sendiri.... #bersyukurMenjadiBagianDariNegaraIndonesiaYangSuburDanHarusnyaMakmur

Karena di embargo juga, jgn harap nemu mc Donald ato KFC,.... Tp don't worry.... Makanan2 spt itu ada banyaaaaakkk.... Dan bisa dibilang... Kuliner Iran termasuk yg yummy......
Saya hrs akui mrk hebat, Mobil bikin sendiri, makanan dan minuman kemasan bikin sendiri, rasa ala2 wine atau minuman bersoda jg banyak.... dan untuk yg muslim... bisa menjadi surga... karena semua halal....
Saya mengalami langsung saat sedang makan di cafe di terminal, tiba2 serombongan org dg kamera dan video shooting masuk, langsung sidak men-shoot semua makanan di dapur termasuk freezer.... Kl terbukti tdk layak standard, langsung ditutup saat itu jg. Sy adalah pengunjung galau yg makanannya masih setengah, maka sy boleh menghabiskan makanan saya, ttp tdk boleh terima pengunjung baru, setelah itu harus tutup. Sidak dilakukan intensive. Keren yaaa....

Saya puter2 Qazvin, visit museum, dll diantar host saya, dan host saya dg semangat untuk support trip saya, rela muter2 pasar hanya demi menemukan peta Iran berbahasa inggris spy perjalanan sy terbantu.... Setelah sekitar 10 toko buku... Iyaaa... ciyuussss.... sumpah syusye nyari peta iran berbahasa inggris...... baru kita nemu peta itu, dan dia maksa untuk bayarin sbg gift.... Hadeehhhh.... Speechless...
Kebayang gak tuh kl gw yg kudu nyari sendiri :p

#Part of Karaj

Sejarah berulang, host saya di Karaj, hasil rekomendasi dari seseorang, kontak2an dg host saya di Qazvin, ngecek agenda saya untuk ke Karaj, dan lagi2 big dinner... Besok paginya 3 mobil konvoi ngajak saya ke puncak (gak tau namanya, lupita hehe) di puncak masih ber-es, kita bbq dan seru2an di puncak... Semua.... Semua... yang gw temui di Iran blm pernah ketemu sebelumnya... ttp treat mereka sungguh bikin speechless...
Saat seseorang blg, "Risa, if you need something, please let me know...! I will buy for you...!" gimana coba...? Gimana gw gak merasa part of them kl digituin...?

Masing2 ngundang dinner juga di rumah mereka, tp krn harus transfer ke Kashan, maka cm bisa memenuhi satu undangan.... Dan rumahnya seru... dindingnya dihiasi dg ornamen lukisan dari kaca.... Tau karpet persia kan...? Keren gak...? Tau Taj Mahal kan...? Itu karya Persia juga... So Iran mmg terkenal dg karya seni nya yg tinggi....
Dan kebesaran Persia di masa lalu mmg tdk bisa dikesampingkan begitu saja.... Persia mmg negara besar....

#Part of Kashan

Di Kashan lagi2 bertemu dg traveler lain dari Lubljana Eropa, kebetulan dia wartawan, dan insting wartawan pasti heboh, sy yg males bikin agenda, lagi2 ngikut ajah hehe... Jadilah saya join dg mrk ke Abyaneh, dimana diantara kedua kota tersebut kita akan melintasi pertambangan uranium... Yessss... Katanya uranium itu bahan baku pembuatan bom.... Adrenalin sy langsung meletup2...
Jeeeng jeeeeeeennggg....
Melintasi area forbiden, sepi2 aja tuuh.... Gak ada penjagaan super ketat.... Cuma benteng segede gaban aja yg melingkupi.... Kalo naik ke dataran tinggi berbatu, masih bisa lihat lokasi di dlm benteng... Kl punya teropong bisa jg kali ngintip hehe....
Tdk nampak tanda2 itu adalah area penting, berupa tambang uranium, teman sy yg wartawan dari eropa sampe bingung.... Kok bisa... Kok bisa... Kok bisaaaa....? Gitu katanya ^_^
Oh iya, sy jg sempet lihat2 teknologi pengairan yg dibangun ratusan tahun lalu... Kedalaman sekitar 100m menurut org lokal, dan pintu masuknya sempet2 nya dihias dg keramik, jd ga tampak seperti lorong menuju sumber distribusi pengairan bawah tanah antar kota.... Itu dibangun ratusan tahun lalu looohh... Tp teknologi sudah semaju itu.... Keren banget.....

#Part of Shiraz via Abadeh

Dari Kashan saya menuju Shiraz dan mampir di Abadeh karena permintaan seseorang untuk mampir ke tempatnya. Dlm perjalanan di dlm bus kota yg keneknya cakep banget, bikin perjalanan 6jam serasa 2jam, seorang ibu tetiba super duper protektif ke gue.... Ke toilet di anter, cari makan dianter, dia sibuk memastikan bhw everything will be fine... So swiiit ya... Dia tdk berbahasa inggris... Ttp dia pny senyum yg tulus....
Dlm perjalanan dia tanya, "moslem....?" sambil menunjuk ke saya.... Saya mengangguk... "sunni...? Shiah...?" degh... saya baru ngeh.... untuk pertama kalinya saya baru tersadar kalau Iran adalah negara dg faham shiah yg besar.... Sy jawab, "im moslem, only moslem." gak mau ribut lah gue.
kemudian dia mengeluarkan sesuatu spt batu dan tasbih yg dibungkus beludru hijau, "imam Hussein..." sambil menunjuk ke benda2 itu, kemudian menyodorkan kepada saya.... "do'a... do'a...." saya bingung... Kemudian berinisiatif menelpon host saya di Abadeh, kemudian sy biarkan host sy bicara dg si ibu. Host sy bilang, "Risa, si ibu ingin memberikan batu dan tasbih itu ke kamu, karena kamu muslim, itu dibuat dari tanah dimana imam Husein mengalami peristiwa memilukan di Karbala. Si ibu, berharap, itu bisa menjadi kenangan buat kamu, dan ber do'a, semoga hidupmu dijauhkan dari hal2 yg membahayakan kamu. Tolong terima itu." saya menatap si ibu yg jg sedang menatap saya sambil tersenyum, sy menerima pemberiannya dan memeluk si ibu, kami menangis di dlm bus.

#Part of Shiraz

Saya adalah org yg paling sebel dg ketinggian.... Ttp krn ada grup besar di Shiraz yg akan trekking ke gunung, lagi2 sy ngikut ajah, ada sekitar 60 org join, dan leader grup itu menyampaikan, bhw sy bukan anak gunung dan mungkin akan sangat lambat.... Ajaib loh.... Mrk ga ada yg ninggalin gw... Selalu ada 4-5 org di deket gw... sampe akhirnya done bersama mereka di gunung tertinggi nomor 2 di shiraz, yaitu... Berme Firouz Mountain... Puncaknya masih diliputi es, tetapi lembahnya mengalir danau dg udara yg sejuk.... Sepanjang perjalanan bnyk bunga tulip mulai tumbuh dan mekar.... Dan org2 yg suka dg adventure activities lompat2 di gunung dg motor trail mereka..,, iiihhhh... Sadis bgt tuh nyalinya....
Cieeeee.... Gue naek gunung loh sodara2... Keren yaaa.... ^_^
Dan, karena VOA saya berlaku utk 15 hari, maka sy hrs memperpanjang VOA saya, info dari temen di yurep, Shiraz adalah kota yg gampang utk urus extend VOA, krn Shiraz itu kota tujuan turis. Saat mendaftar, lagi2 disuguhi sekuriti yg ganteng bikin jantung mau mencelat krn terpesona, dia tanya, "ngapain aja di iran? Apakah kamu merasa aman selama di Iran?" iihhhh... So swiiit bangeetttt....
Proses extend juga gampang...
Yg penting bawa foto copy passpor, foto close up 2lembar, dan duit sekitar 35 yuro dlm mata uang lokal, trus ceplok2 stempel, dapet deh extend visa....

Kalau sdh di shiraz, tentu tdk boleh melewatkan PERSEPOLIS.... Disini... Kelihatan sekali sisa sisa peninggalan kejayaan bangsa Persia.... Saya suka dg icon FARVAHAR dg 3 lapis sayapnya yg bermakna
1. Berfikirlah yg baik / positive, karena pikiran positive melahirkan....perbuatan baik...
2. Berbuat baik lah... Karena perbuatan baik, melahirkan amal / karya yg baik...
3. Beramal baik lah....

Kira2 begitu.... Bisa googling utk checking...

#Part of Mashad

Di Mashad, terdapat masjid besar, dimana Imam Reza dimakamkan.... Saya tentu saja tdk ingin melewatkan kesempatan untuk berkunjung... Saat di dlm masjid yg besar megah dan mewah... saya sungguh terkagum2 dg arsitekturnya... Mengingatkan saya akan masjid Nabawi di Madinah yg juga spektakuler menurut saya.... Tidak tau mengapa... Saya merasa ada kesamaan design arsitektur antara kedua masjid raya tersebut.
Saya mencari tempat di pojokan, sy pake mukena warna maroon, ga cetar, cukup gelap, tp krn design beda, tetep aja jd perhatian, tp sy tdk peduli.... Sy cuma ingin berdoa di masjid... Itu saja... Tanpa terasa... Saya sesenggukan, org2 disekeliling mulai memberi saya tempat lebih leluasa untuk berdoa (suasananya seperti di raudhoh masjid Nabawi, penuh sesak), biasanya laskar akan menegur mereka yg berdoa terlalu lama, krn hrs berbagi dg yg lainnya... tetapi somehow... Sy tidak ditegur... Saya justru diberi jubah dan sajadah oleh orang2... Mereka menggelar sajadah dihadapan saya.... Menyelimuti saya dg jubah.... Membiarkan sy menangis sesenggukan sampai saya puas...
Host saya memeluk saya, dia bilang, "masha Allah, God will always love you." saya cuma bisa menjawab lirih, "aamiin" dan sungguh... Saya tdk tau mengapa sy sampai sesenggukan hebat spt itu... Hari kedua saya ke sana, sy tdk mengalaminya lg... Bener2 tdk bisa diminta untuk menangis spt kemarin...

Kawan dari Iran yg sempat bertemu di Indonesia thn 2012 menemani saya keliling Mashad hari kedua bertanya "risa, i never cry in shrine, how you can do that?"
Saya jawab, "mene ke tehe...." ^_^

Ini sekedar sharing....
Yg suka terima kasih...
Yg gak suka jg terima kasih....
^_^

Mohon maaf kalau tdk ada info ttg how to get there disini.... Krn saya anggap member disini sdh bnyk yg ekspert dlm hal googling plus riset dlm rencana trip. Dan kalau saya menganggap diri saya beruntung diliputi oleh travel angel dlm setiap perjalanan saya, itu bukan salah saya hehe... jadi mmg info how to get there sangat2 minim disini... Krn saya taunya duduk manis... Dijemput... Dianter... Gitu2 ajah....

Namun... Semoga sharing ini bermanfaat...
Bila tidak, silahkan abaikan....
Bila menyalahi rule.... Monggo di delete....
Salam


#BDIran

No comments:

Post a Comment

Kampung Girl by Uncle JC :p

Sumpah, kocak banget...! I can't stop laughing, so funny & creative parody music... Hwakakakak... Uncle JC is bule gilllaaaa.....