Wednesday, December 08, 2010

Sharing informasi untuk yang pengen nge-gembel / backpacker - an ke EROPA

hi guys,


aq blum pernah ke Eropa, tapi minat banget, dari info yg sudah aq kumpulkan bisa aq sharing, mungkin berguna :


1. AA ada tiket murah KL-Paris & Jkt-Paris kalo lagi promo kisaran harga IDR 1,6 juta (one way) pantau aja tuh AA-nya.


2. Negara-2 yg tergabung dlm schengen bisa dikunjungi meskipun dg visa salah satu negara tersebut, artinya kalau kita dpt visa dari Belanda, ga masyalah kalau kalian mau ke Perancis ato ke Jerman (googling aja anggota negara schengen mana aja, kalo ga salah sekitar 19 negara)


3. pengurusan visa untuk eropa lumayan ribet, cek ke masing-2 kedutaan apa yg mereka minta & kudu dipenuhin, tapi rata-2 sih yg kudu disiapakan al:


- paspor berlaku min 6 bulan sd kembali ke negara tercinta kalian Indonesia

- foto utk visa dg background terang (masing-2 negara biasanya punya syarat warna background foto-nya apa) & 80% adalah wajah (artinya close up gitu)

- return ticket

- invitation later dari sponsor di negara tujuan, kalo ga ada kudu punya bookingan hotel di negara-2 yg ingin di kunjungi

- sponsor dari Indonesia (misalnya dari kantor yg menerangkan bahwa kalian ada ikatan kerja di Indonesia, so tidak akan dipertanyakan bahwa kalian berniat utk jadi imigran gelap di sana)- travel insurance sesuai rencana traveling kalian (10 hari dengan 2 bulan, harga travel insurance-nya beda)

- bank account yg mengendap selama 3 bulan dikalikan sekitar 75 Euro, so kalau kalian mau pergi selama 10 hari di bulan April 2011, di tabungan kudu ada minimal 750 Euro sejak bulan January 2011 dan ngurus visanya bulan Maret. Dana tersebut di luar booking hotel, return ticket, dan travel insurance.


4. Negara Eropa (schengen) yg kabarnya sulit utk ngurus visa bagi pemegang paspor Indonesia al : Swiss & Perancis ; yg kabarnya rada gampang Belanda & Italy.


5. Nge-gembel (backpacker-an) di saat winter sebaiknya di hindari kecuali bagi yg terbiasa dengan udara dingin atau mau tes kesaktian hehe.... suggest saya sih saat autum/spring sekitar bulan April-Juni ato Agustus-October (googling ajah!) Tapi tetep kudu diperhatikan negara-2 yg mau kalian kunjungi, karena sebagian negara-2 Eropa tetap ada perbedaan musim, bisa aja di satu tempat sudah spring di tempat lain masih winter..


6. Kalo yg punya waktu cuma seminggu mendingan ke SEA (South of Asia) ajah... sayang duit buat bayar ticketnya & ga worth it sama ngurus visa-nya (yg biasanya makan waktu 2-3minggu diluar keribetan-2 lainnya). Perjalanan ke Eropa direct flight durasinya kisaran 10 jam, transit sd. 26 jam (tergantung transit di mana dlsb), so kalau punya waktu seminggu, ngurus jetlag nya aja ga kelar sehari, terbangnya sehari (kalo PP berarti 2 hari)... kapan jalan-2 nya...? :p


7. Untuk rute lihat di peta aja, tapi bagi yg pertama ke Eropa biasanya destinasi yg menarik : Belanda (bagus di bln Mei, tulip pada mekar di keukenhoff katanya), Paris Perancis lihat eifel, Italy lihat menara Pisa, Roma, Venice, Jerman lihat tembok ancur peninggalan Nazi lol, kalo punya duit banyakan bisa ke Swiss (negara super duper mahal)


8. Buat yg pengen banget ke Eropa tapi frustasi di ngurus visa, bisa mengalihkan ke Turkey, krn ke negara tersebut ga butuh visa cukup VOA ajah. Dari Turkey ke Italy naik pesawat sekitar 2 jam, dari Perancis ke Jerman truys ke Italy rata-2 kalo naik kereta sekitar 5 jam. Jadi kalo di Eropa, seharian bisa nyebrang-2 ke beberapa negara... backpacker biasanya melakukan lintas negara naik kereta paling malem supaya ga perlu bayar penginepan alias bobo di kereta hehe....


kira-kira segitu sharing dari aq... semoga bermanfaat yah :-)

hv a wonderful trip guys

Salam,

blueSaphier


ini daftar negara-2 yg bebas visa utk pemegang paspor indonesia

1 comment:

  1. kemarin habis ada pameran destination europe di balai kartini, pas nanya2 di booth masing2 negara rasanya aku bego banget, jd berasa belum siap ke eropa tapi pingin, jd skrg mulai nyari info hehehe, makasi ya info diatas, langsung cek cek kurs euro juga

    ReplyDelete

Kampung Girl by Uncle JC :p

Sumpah, kocak banget...! I can't stop laughing, so funny & creative parody music... Hwakakakak... Uncle JC is bule gilllaaaa.....